Rangkuman Bab 3 Algoritma dan Pemrograman SMP Kelas 7 Semester 1

Rangkuman Bab 3 Algoritma dan Pemrograman SMP Kelas 7 Semester 1. Belajar berbasis komputerisasi menjadi tuntutan yang tidak dapat dielakkan bagi siapa saja. Segeralah untuk membuka diri menuntut ilmu yang diperlukan di masa depan. Teknologi layanan pergerakan data digital menjadi favorit, internet, penyimpanan dan pendistribusian data serta efisiensi daya listrik semakin maju. Kakak menjadi penentu kemajuan masa depan bangsa, selamat bersiap dengan belajar.

 


Berikut adalah rangkuman Bab 3: Algoritma dan Pemrograman untuk Informatika SMP Kelas 7 Semester 1, berdasarkan Kurikulum Merdeka:

📘 Bab 3: Algoritma dan Pemrograman

🔹 1. Apa itu Algoritma?

  • Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah.
  • Harus jelas, terstruktur, dan bisa dijalankan oleh manusia atau mesin.

🔑 Contoh: Algoritma membuat mie instan →

1.    Didihkan air

2.    Masukkan mie

3.    Tunggu 3 menit

4.    Tambahkan bumbu

5.    Aduk dan sajikan

 

🔹 2. Syarat Algoritma yang Baik

  1. Jelas dan tidak ambigu
  2. Berurutan dan logis
  3. Akhirnya pasti selesai (ada titik akhir)
  4. Efisien dan sederhana

 

🔹 3. Notasi dalam Menyusun Algoritma

  • Deskriptif (narasi) → Menulis langkah dengan kalimat biasa
  • Pseudocode → Menulis seperti kode, tapi bukan bahasa pemrograman
  • Flowchart → Diagram alir, menggunakan simbol

🧠 Flowchart membantu memvisualkan alur logika dengan lebih jelas

 

🔹 4. Apa itu Pemrograman?

  • Pemrograman adalah proses mengubah algoritma menjadi kode yang bisa dijalankan oleh komputer.
  • Kode ditulis menggunakan bahasa pemrograman seperti Scratch, Python, dsb.

 

🔹 5. Tujuan Belajar Pemrograman di SMP

  • Memahami cara kerja program
  • Melatih logika dan kreativitas
  • Mengembangkan berpikir komputasional
  • Menciptakan produk digital sederhana

 

🔹 6. Contoh Aktivitas Sederhana

  • Menyusun kode blok di Scratch untuk membuat sprite berjalan
  • Menulis pseudocode permainan tebak angka
  • Menggambar flowchart algoritma membeli pulsa di konter

 

🧠 Inti dari Bab 3:

“Algoritma dan pemrograman adalah dasar penting dalam informatika. Dengan memahami keduanya, siswa belajar menyusun solusi logis dan menuangkannya dalam bentuk program.”

 

Kalau kamu tertarik, aku bisa bantu lanjut dengan:

  • Kuis interaktif Bab 3
  • LKPD menyusun algoritma tanpa komputer
  • Latihan pseudocode & flowchart dengan konteks lokal
  • Modul pemrograman sederhana pakai Scratch/offline

 

Semangat belajar kakak, tekad, tekun dan tatag dalam menjalani belajar kakak. Sukses Selalu.

 

0 comments